DISPERINDAGKOP & UMKM

UPTD BPSMB - PROV. KALTIM

Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang

Apa itu kalibrasi ??

Kalibrasi secara umum adalah serangkaian kegiatan membandingkan alat ukur (UUT) dengan alat standar yang memiliki accuracy yang lebih baik dan mampu tertelusur ke standar nasional maupun internasional melalui suatu rantai yang tidak terputus.

Tujuan kalibrasi

  • Menentukan nilai penyimpangan suatu alat ukur dan ketidakpastian dalam pengukuran
  • Menjamin suatu peralatan dapat digunakan pada suatu metode tertentu
  • Menjadi persyaratan sistem jaminan mutu suatu organisasi yang menggunakan peralatan ukur

Mengapa alat ukur harus dikalibrasi ?

Bertambahnya umur komponen seiring dengan banyaknya intensitas penggunaaan peralatan ukur disertai dengan perubahan kondisi lingkungan (beberapa perlatan) dapat mengakibatkan degradasi kinerja alat (DRIFT). Maka dari itu melalui kalibrasi ini alat akan dapat diketahui seberapa besar penyimpangan dari suatu alat ukur serta mengetahui apakah alat tersebut dapat digunakan pada suatu metode yang ditetapkan.

Berapa lama interval suatu alat ukur, harus dikalibrasi kembali?

Proses kalibrasi tidak menetapkan secara spesifik berapa lama waktu yang dibutuhkan suatu alat ukur untuk dikalibrasi Kembali. Pengguna alat ukur dapat membuat control chart dari peralatan setelah dikalibrasi untuk mengevaluasi kinerja perlatan ukur setelah dikalibrasi.

Biasanya untuk suatu perusahaan yang menetapkan suatu system mutu seperti ISO 9001, ISO 14001, ISO 17025, sebagai persyaratan memerlukan sertifikat kalibrasi alat ukur yang digunakan, oleh karena itu beberapa perushaan sering menetapkan interval kalibrasi 1 tahun sekali sesuai dengan audit system mutu yang diterapkan. Apabila suatu Perusahaan menggunakan control chart sebagai evaluasi hasil kalibrasi maka interval kalibrasi bisa >1tahun atau

Apakah seluruh peralatan harus dikalibrasi?

Tidak, hanya peralatan yang berfungsi sebagai alat ukur saja yang harus dikalibrasi, contoh : Erlenmeyer 250 mL digunakan untuk wadah titrasi pada suatu metode, maka tidak perlu dikalibrasi karena tidak mempengaruhi hasil, dari proses diatas yang perlu dikalibrasi adalah buret yang digunakan untuk volume titrasinya. Contoh lain hotplate digunakan untuk menguapkan etanol dari suatu percobaan maka hotplate tidak harus dikalibrasi dikarenakan kontrolnya bukan dari hotplatenya melainkan dari thermometer yang digunakan untuk mengetahui suhu penguapan dari suatu cairan tersebut.

 

 

Peta Kantor


Melihat UPTD BPSMD di Google Maps

Kontak

Jalan Letjen M.T. Haryono No. 45 Samarinda, Kode Pos 75126

Nomor Telepon : 0541 - 733731
Nomor Fax : 0541 - 733731
Website : http://bpsmb-kaltimprov.com/
Email : bpsmb_kaltim@yahoo.co.id